Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Nama : Andika Prasetya TTL : Jakarta, 4 Agustus 1994 Simple aja orangnya

Rabu, 24 Oktober 2012

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN



Definisi tentang manusia dan kebudayaan

Hubungan manusia dan kebudayaan sangat erat kaitannya satu sama lain, secara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (sansekerta ), “mens” (latin), yang berarti berpikir, berakal budi atau mahluk yang berakal. Kebudayaan berasal dari kata budaya yang merupakan bentuk kata majemuk kata budi-daya yang berarti cipta, karsa, dan rasa. Dalam bahasa sansekerta kebudayaan disebut daenga budhayah yaitu bentukjamak dari kata budhi yang berarti budi atau akal. Pada dasarnya manusia adalah mahlukbudaya yang harus nembudayakan dirinya, Manusia sebagai mahluk budaya mampu melepaskan diri dari ikatan dan dorongan nalurinya dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan mempelajari keadaan sekiter dengan pengetahuan yang dimilikinya. Kebudayaan juga mengajarkan kepada manusia beberapa hal penting dalamkehidupan seperti etika sopan & santun menjadikan ciri khas kebudayaan orang Indonesia. Kebudayaan juga dapat mempersatukan lapisan elemen masyarakat yang sebelumnya merenggang  akibat konflik yang nerkepanjangan dan dapat pula dijadikan alat komunikasi antar masyarakat. Rasa saling menghormati dan menghargai akan tumbuh apabila antar sesama manusia menjujung tinggi kebudayaan sebagai alat pemersatu kehidupan, alat komunikasi antar sesama dan sebagai ciri khas suatu kelompok masyarakat. Banyak hal dapat di kaji mengenai manusia dan kebudayaan, dapat dijadikan pelajaran bagi masyarakat tentang hubungan erat manusia dan kebudayaan yang sebenarnya tak dapat dipisahkan satu sama lain. Kebudayaan berperan penting bagi kehisupan manusia dan menjadi alat untuk bersosialisasi dengan manusia yang lain dan pada akhirnya menjadi ciri khas suatu kelompok manusia. Manusia sebagai mahluk sosial membutuhkan alat sebagai jembatan yang menghubungkan dengan manusia yang lain yaitu kebudayaan.

Kebudayaan Asing yang dapat di terima :

1. Transportasi

Adisi adalah perpaduan unsur-unsur kebudayaan yang lama dengan unsur kebudayaan baru sehingga memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Misalnya, beroperasinya alat transportasi kendaraan angkutan bermotor untuk melengkapi alat transportasi tradisional seperti cidomo (cikar, dokar, bemo) yang menggunakan roda mobil di daerah Lombok. Sehingga   dimudahkan pengoprasiannya dan menghemat waktu, tenaga .

2. Sistem barter menjadi pakai uang

Teknologi yang berkembang pada era globalisasi memengaruhai karakter sosial dan budaya dari lingkungan sosial. Uang, misalnya membentuk kegiatan ekonomi sehingga setiap orang dapat memperoleh keuntungan melalui perdagangan dan tidak mengunakan system barter. Tanpa uang, kapitalisme juga tak akan dapat berkembang.


3.  Hari besar budaya luar

Hari valentine dan hari tahun baru seperti yang kita ketahui bahwa hari” tersebut adalah hari beasar kebudayaan luar . tapi  di Indonesia sendiri menjadi hari yang menjadi tanggal merah . dan itu merupakan salah satu budaya luar yang di terima di Indonesia dan di segani oleh para anak muda .

Kebudayaan Asing yang sulit di terima :

1. Drugs/Narkoba
                           
Sudah di ketahui bahwa narkoba adalah obat yang sangat dilarang oleh Negara Indonesia karena bisa menybabkan berbagai efek negative seperti kecelakaan dan aksi kriminalitas. karena bahayanya yang ditimbulkan drugs/narkoba sangat sulit untuk diterima dan tidak mungkin di terima oleh bangsa Indonesia . dan bahkan di buat selogan “SAY NO TO DRUGS”

2. Perjudian

Perjudian adalah budaya yang sangat di banggaka oleh bangsa barat karena merka berpendapat bahwa berjudi bisa memuaskan hati mereka . tapi di Indonesia perjudian sangat dilarang keras oleh seluruh agama karena melanggar norma dan hukum yang berlaku .  dan juga bisa menimbulkan efek negative

3. Pakaian

Kenapa pakaian salah satu budaya yang sulit di terima karena budaya berbusana orang barat itu bebas yang tidak memiliki norma . berbeda di Indonesia yang terkenal akan kesopanannya . dikarenakan di Indonesia cara berbusana pun memiliki norma tersendiri yang masih sangat kental normanya .


KESIMPULAN

Bahwasanya budaya asing boleh saja masuk ke indonesia dengan catatan harus sesuai dengan norma dan etika yang berlaku di Indonesia . Dikarenakan norma norma di Indonesia masih sangat kental di masyarakat .
   



0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About