Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Nama : Andika Prasetya TTL : Jakarta, 4 Agustus 1994 Simple aja orangnya

Kamis, 26 Maret 2015

TUGAS KE 2 BAHASA INDONESIA 2 REVIEW JURNAL

                                                Andika Prasetya / 10212785 / 3EA14

MENDENGARKAN MUSIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN dan FUNGSI OTAK

PENDAHULUAN
Kemampuan otak manusi sebenarnya sangat luar biasa hanya saja kebanyakan orang belum menggunakan otak mereka dengan maksimal. Orang-orang kurang tau bagaimana memaksimalkan kemampuan dan fungsi otak mereka. Hal berdampak pada kurangnya susumberdaya manusia yang cerdas dan memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif. Generasi penerus di indonesia saat ini masih kalah dengan negara-negara yang sudah maju. Kurang adanya tindak lanjut tentang hal tersebut akan membuat kuwalitas sumberdaya manusia yang ada di indonesia semaki menurun dan tertinggal. Oleh sebab itu perlu diadakan sebuah program untuk meregenerasi sumberdaya manusia yang ada di dindonesia. Minimal dari individu itu sendiri atau dari pribadi masing-masing. Karena yang mengetahui kondisi dari dirinya adalah individu itu sendiri, kemampuan dan kecerdasan otak seseorang di pengaruhi dari kegiatan yang dilakukan oleh orang tersebut, mulai dari tindakan sadar ataupun tindakan yang tidak sadar. Kecerdasan otak seseorang perlu diasah agar meningkatkan kinerja dan jaga fungsinya.

PEMBAHASAN
Otak merupakan organ dari tubuh manusia yang sangat penting peranannya. Didalamnya terdiri dari milyaran sel-sel syaraf yang saling terhubung dan tersusun secara teratur, dan sistem syaraf tersebut saling berkaitan dan saling bekerjasama membentuk perpaduan antara satu komponen dengan komponen lain. Dan  komponen-komponen tersebut sangat penting untuk mendukung kinerja otak. Otak sangat penting dan sangat fital peranannya bagi manusia, dia bertugas mengontrol semua kerja organ-organ yang ada dalam tubuh manusia. Otak juga memegang kendali emosi, dan yang paling penting otak memegang kendali atas apa saja yang akan di kerjakan manusia (Pink, 2007).
Kemampuan otak seseorang memang berbeda-beda, tetapi kebanyakan hanya digunakan sebagian dari kemampuan otaknya, atau dengan kata lain kurang maksimal. Kurangnya pengetahuan tentang bagaimana cara mengasah kemampuan otak mungkin menjadi kendala kurang maksimalnya kemampuan otak seseorang. Orang-orang hanya mengunakan kemampuan otak mereka bukan menjaga dan mengasah kemanpuan otak agar bisa berfungsi secara optimal. Memang tidak mudah dalam mengasah kemampuan otak perlu usaha dan kerja keras. Tetapi bukannya tidak mungkin untuk membuat otak berfungsi dengan maksimal. Kita memerlukan metode dan cara yang tepat untuk membuat kemampuan otak menjadi lebih baik (Campbell, 2002).
Musik merupakan karya cipta manusia yang sangat indah, perpaduan nada-nada yang saling bersautan menciptakan harmoni yang dapat menenangkan pikiran. Beragamnya musik di dunia ini dapat di jadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan dan fungsi kemampuan otak seseorang. Perkembangan otak mausia dimulai sejak lahir dan mencapai puncaknya pada usia 40 tahun (Pink, 2007). otak akan terus berkembang dan semakin lama fungsi dan kinerjanya akan semakin menurun hal tersebut dipengaruhi oleh bertambahnya usia, tingkat stres dan pengaruh dari luar contohnya gaya hidup yang kurang baik yaitu pola makan dan tingkah laku (lihat http://randipopo.wordpress.com, 2012). Kurangnya kesadaran tentang pentingnya merawat otak sejak sedinimungkin menyebabkan kemampuan otak di usia-usia dewasa akan semakin menurun oleh sebab itu musik dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan dan merangsang kemampuan otak agar bekerja lebih maksimal dan optimal

PENERAPAN METODE MUSIK
        Dalam mendengarkan musik untuk meningkatkatkan kemampuan otak dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Misalnya pada saat ada waktu senggang kita dapat mendengarkan musik, atau pada saat sedang belajar dan saat berkumpul dengan temam-teman juga bisa. Mendengarkan musik tidak membutuhkan biaya yang mahal karena saat ini banyak sekali situs-situs di internet yang menyediakan fasilitas untuk mendownload musik secara gratis. Sebaiknya menerapkan metode mendegarkan musik pada saat akan tidur karena nantinya otak kita akan terasa rileks dan tenang. Mendengarkan musik dalam keadaan tertidur akan membuat kita menjadi tenang, tetapi musik yang diputar adalah musik-musik yang lembut, dan dengan volume yang rendah bukan dengan volume yang keras. Memutar musik dengan volume keras justru hanya akan mengganggu otak. Dan otak tidak akan terasa rileks akiabat musik yang keras

KESIMPULAN
            Otak manusia memang sangat unik dan luar biasa tetapi kuran maksimalnya kemampuan otak seseorang secara tidak langsung akan mempengaruhi kehidupan orang tersebut. Dari tulisan diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan otak di pengaruhi dengan beberapa faktor. Contohnya adalah makana dan gaya hidup. Otak merupakan organ yang fital tetapi kesehatan dan kesetabilan otak perlu dijaga, begitu juga kemampuannya agar dapat berfungsi secara optimal.

SARAN
musik dapat di jadikan sarana untuk meningkatkan kemampuan dan fungsi otak manusia karena musik dapat merangsang syaraf-syaraf yang ada di otak. Dan ada banyak sekali tipe musik di dunia, tetapi musik yang cocok untuk merangsan perkembangan otak adalah musik yang lembut dan musik yang instrumenal bukan musik yang keras. Hal tersebut dikarenakan musik yang berirama keras malah akan mengganggu, atau bisa membuat kepala menjadi pusing. Musik memang banyak sekali kegunaannya termasuk dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dan fungsi otak manusia.

Link: http://jurnalilmiahtp2013.blogspot.com/2013/12/mendengarkan-musik-untuk-meningkatkan_9871.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About